Natal telah menjadi hari perayaan universal dan global. Masyarakat dimanapun di bulan Desember ini kerap menjadikan Desember sebagai hari-hari bernuansa berbeda tanpa perlu memandang keyakinan atau lokasinya. Seluruh dunia merayakan Natal. Ingin tahu tempat-tempat wisata terbaik apa sajakah untuk menikmati liburan Natal? Berikut hasil panduan dari Lonely Planet yang me-ranking 10 tempat terbaik:

1. Bethlehem, di Tepi Barat
Semakin tahun, komersialismelah yang lebih mengambil peranan dalam suasana Natal yang tercipta. Makna sebenarnya pun kian tergusur. Maka untuk kembali pada akar dari perayaan Natal, tentu tak ada yang bisa mengalahkan perziarahan ke tempat kelahiran Sang Penebus. Di bagian Old City, Bethlehem ada pemandangan indah yang bisa ditemukan di Manger Square (Pelataran Palungan) yang pada malam Natal dipenuhi dengan pohon Natal. Dan puncak perayaan bisa ditemukan pada misa tengah malam di gereja St. Catherine, tepat ketika lonceng berbunyi pukul 24.00.

2. Desa Santa Claus, Finlandia
Jika masih belum merasa puas dengan sekian banyaknya Santa Claus yang Anda temukan di mall, Anda bisa langsung saja berkunjung ke Desa Santa Claus di lingkarang artik Finlandia. Disini, St. Nicholas alias Santa Claus adalah warga kehormatan. Walau terletak di daerah bersalju, di pedalaman hutan yang dihuni rusa, tetapi para turis justru semakin tertarik mengunjungi desa ini. Dan tak jauh dari desa ini, terdapat juga taman ria Santa Park.

3. New York, AS
Jika Anda suka menonton film-film luar negeri, cukup banyak film yang menampilkan betapa semaraknya New York di waktu Natal. Lampu Natal yang terpasang dimana-mana, gemerlap pohon Natal terbesar di Rockefeller Center yang sudah terpasang dari awal Desember, ice-skating di sekitar pohon Natal besar tersebut, lalu berbelanja di toko-toko ternama di New York. Dan di bulan Desember Anda juga bisa menyaksikan pertunjukkan “The Nutcracker” oleh New York Ballet.

4. Pantai Bondi, Australia
Berbeda dari semua tempat, di pantai ini Anda justru tak akan menemukan salju atau lampu Natal. Tanggal 25 Desember pantai ini akan dipenuhi oleh backpacker, dan diguncang dengan pertunjukkan-pertunjukkan DJ dan band. Ini justru merupakan tempat untuk cuci mata.

5. Vatikan, Italia
Sebagai pusat dari gereja Katolik, kota ini tentu akan merayakan Natal dengan besar-besaran. Aroma kacang chestnut panggang harum di jalanan dan seluruh kota dipenuhi dengan presepi (adegan kelahiran Yesus). Jika Anda sudah berada disini, Anda wajib mengunjungi: Pelataran St. Peter, Piazza Navona, dan gereja Santa Maria di Aracoeli di Bukit Capitoline. Misa Natal tengah malam di Basilika St. Peter, atau di tengah hari pada 25 Desember, merupakan acara-acara tak terlupakan.