Quote:
Secret Service adalah salah satu agen penegakan hukum di Amerika yang merupakan bagian dari Departemen Keamanan Dalam Negeri yang didirikan tahun 5 Juli 1865 di Washington DC.
Quote:
Tugas dan wewenang SECRET SERVICE

1. Pencegahan dan penyelidikan atas pemalsuan mata uang Amerika yaitu Dollar, serta penyelidikan atas pemalsuan surat berharga negara atau US Teasury Bond.
2.Perlindungan dan pengamanan Presiden, Wakil Presiden, Mantan Presiden dan Wapres beserta keluarga serta pengamanan atas tamu2 negara.

…dilihat dari tugas dan wewenangnya mungkin kita hanya tahu tugas yang ke 2 yang dominan ya gan…padahal Secret Service juga bertugas terhadap penyelidikan pemalsuan.

tapi pada kali ini kita fokus kan terhadap tugas pengamanan presiden yaa gan..

Quote:
Secara lebih detail lagi tugas perlindungan Secret Service meliputi:
1.Presiden, Wakil Presiden dan Sekertaris Presiden beserta keluarga.
2.Mantan presiden dan keluarga sampai dengan 10 tahun setelah masa jabatan berakhir
3.Anak mantan presiden mendapat perlindungan sampai berumur 16 tahun
4.Mantan wakil presiden beserta keluarga sampai dengan 6 bulan setelah masa jabatannya berakhir.
5. Capres dan cawapres selama 120 hari saat pencalonan presiden dan wakil presiden.
6. Individual lain yang mendapat tugas khusus dari presiden

Satuan Secret Service mempunyai peranan yang sangat besar terutama mengenai pengamanan Presiden Amerika Serikat. Jumlah anggota Secret Service adalah 4.400 orang yang telah disumpah untuk melindungi Presiden dari berbagai macam ancaman termasuk dengan mengorbankan nyawanya apabila diperlukan . Peran Secret Service menjadi krusial dikarenakan Presiden Amerika dari zaman ke zaman merupakan target dari ancaman pembunuhan.

Sejak tahun 60-an telah terjadi beberapa kali percobaan pembunuhan terhadap Presiden Amerika dimuka umum diantaranya adalah President John F. Kennedy, Gerald Ford, Ronald Reagan, and George W. Bush President Ford tidak terluka walaupun 2 kali mendapat penyerangan. President Reagan terluka serius walaupun selamat setelah penyerangan, sedangkan President Kennedy tewas dalam penyerangan. President Bush juga terluka akibat granat tangan dilemparkan ke podium ketika ia sedang berpidato walaupun granat tersebut gagal meledak termasuk terhindar dari insiden pelemparan sepatu oleh wartawan Irak..

Quote:
Quote:
Pada gambar dibawah ini adalah peranan Secret Service saat menggagalkan percobaan pembunuhan terhadap Presiden Ronald Reagen.


Pelaku dapat diamankan walaupun sang presiden sempat mengalami luka-luka akibat terkena tembakan…(liat senjatanya UZI gan )

Quote:
Rekaman Videonya
Quote:
Quote:
Walaupun disertai dengan perencanaan matang, Secret Service tidak luput dari pencegahan atas penembakan Presiden Kennedy.


Salah satu anggota Secret Service sesaat setelah penembakan atas Presiden Kennedy.

Quote:
Video Rekamannya
Quote:
Quote:
Standar persenjataan dari Secret Service adalah pistol SIG Sauer P229 pistol chambered for the .357 SIG cartridge, Remington 870 shotgun, the M4 carbine, the IMI Uzi, dan HK MP5 ( termasuk MP5KA4) submachine guns dan lain2. Mereka juga dilengkapi dengan peralatan komunikasi yang canggih untuk komunikasi antar anggota di lapangan.

Contoh senjata SIG Sauer P229
Quote:
Quote:
Mobil komunikasi lapangan
Quote:
Quote:

Secret Service in Action

Spoiler for Secret Service:

Spoiler for Secret Service:

Spoiler for Secret Service:

Spoiler for Secret Service:

Spoiler for Secret Service:

Secret Service mempunyai agen yang ditugaskan di 136 kantor cabang dan berpusat di Washington, D.C. selain di Amerika, Secret Service mempunyai kantor perwakilan di Brazil (Brasilia), Bulgaria (Sofia), Canada (Montreal, Ottawa, Toronto, Vancouver), Colombia (Bogota [de Francisco]), China (Hong Kong), France (Paris), INTERPOL, Germany (Frankfurt), Italy (Rome), Mexico (Mexico City), EUROPOL (Netherlands/The Hague), Romania (Bucharest), Russia (Moscow), South Africa(Pretoria), Spain (Madrid), Thailand (Bangkok), dan United Kingdom (London).