Bayi Bergigi Dua (dailymail.co.uk)

Lazimnya, bayi mulai tumbuh gigi pada usia 6 bulan. Namun tidak bagi Oliver James Jones dari Haverhill, Cambridgeshire, Inggris. Bayi yang lahir dengan berat 7 pon 12 ons atau setara dengan 3,23 kilogram, sudah menampakkan dua gigi susu depan di bagian gusi bawah.

Oliver lahir melalui operasi caesar di Rumah Sakit Bersalin Rosie di Cambridge pukul 03.00 pada 30 Desember 2010 lalu.

Orangtua Oliver, Joanne Jones (31 tahun), dan Lee, (32 tahun), sangat terkejut saat itu. Begitu juga dengan banyak orang yang berada di sekitar tempat mereka. Mereka datang untuk melihat senyum Oliver dengan dua gigi susu yang telah tumbuh sempurna itu.

Joanne mengatakan, “Oliver adalah bayi sulung, yang memberi kejutan lengkap dengan giginya. Giginya tumbuh sempurna. Ini jarang terjadi pada bayi yang baru lahir.”

Joanne menambahkan, “Itu sangat lucu dan membuat orang di rumah sakit penasaran karena semua orang ingin datang dan melihat gigi Oliver ketika mereka mendengar kabar ini.”

Menurut para dokter, gigi bayi memang mulai berkembang sebelum mereka lahir. Namun, biasanya tidak nampak sampai mereka berusia antara enam bulan dan satu tahun. Kasus seperti ini hanya terjadi 1:2000 bayi.

Dikutip dari Daily Mail, biasanya, pada tahap pertama pertumbuhan gigi bayi, diawali dengan tumbuhnya gigi seri, empat gigi depan di bagian atas dan bawah rahang yang digunakan untuk memotong makanan.

Banyak bayi yang tumbuh gigi bisa mudah tersinggung karena proses pertumbuhan gigi dapat menyebabkan rasa sakit, sehingga tak jarang bayi rewel saat akan tumbuh gigi.

Kebanyakan anak memiliki 20 gigi susu lengkap pada saat berusia tiga tahun. Gigi ini akan mulai rontok sekitar umur lima tahun untuk memberi jalan bagi gigi tetap yang lebih besar.